Engine APU
APU (AUXILIARY POWER UNIT)
Auxiliary Power Unit (APU)
adalah perangkat pada kendaraan yang menyediakan energi untuk fungsi
lain selain propulsi. APU biasanya dipasang pada pesawat besar, serta
beberapa kendaraan darat besar. Pesawat APU umumnya menghasilkan 115V
pada 400 Hz (bukan 50/60 Hz pasokan listrik), untuk menjalankan sistem
listrik pesawat, selain itu dapat menghasilkan 28V DC. APU juga dipasang
pada kapal-kapal angkatan laut. APU dapat memberikan listrik melalui
sistem tunggal atau 3-fase.
Tujuan utama dari APU pesawat
adalah untuk memberikan power untuk starting engines utama pesawat.
Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk
memberikan kompresi udara yang cukup pada saat engine beroperasi. Jet
engine yang lebih kecil biasanya distart oleh sebuah motor listrik,
sedangkan engineyang lebih besarbiasanya dimulai oleh motor turbin
udara.Sebelumengine bergerak, APU start, umumnya oleh baterai atau
akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya (listrik,
pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk memulai engine
utama pesawat.
APU pada Pesawat Komersil
Fungsi
Tujuan utamadari APU pesawat
adalah untuk memberikan power untuk starting engines utama pesawat.
Mesin turbin harus dipercepat untuk kecepatan rotasi tinggi untuk
memberikan kompresi udara yang cukup pada saat engine beroperasi. Jet
engine yang lebih kecil biasanya distarting oleh sebuah motor listrik,
sedangkan engine yang lebih besar biasanya distarting oleh motor turbin
udara. Sebelum engine bergerak, APU pada umumnya distarting oleh baterai
atau akumulator hidrolik. Setelah APU bergerak, APU memberikan daya
(listrik, pneumatik, atau hidrolik, tergantung pada desain) untuk
memulai engine utama pesawat
APU juga digunakan untuk
menjalankan aksesori pesawat lainnya pada saat engine mati. Hal ini
memungkinkan kabin menjadi nyaman saat penumpang naik pesawat sebelum
engine dinyalakan. Listrik digunakan untuk menjalankan sistem saat
preflight check. Beberapa APU juga dikoneksikan ke pompa hidrolik,
memungkinkan kru mengoperasikan peralatan hidrolik (seperti Flight
control atau flaps) sebelum engine dinyalakan. Fungsi ini dapat juga
digunakan, pada beberapa pesawat, sebagai cadangan pada saat terbang
atau sistem hidrolik rusak.
APIC APS3200 APU for Airbus A318, A319, A320, and A321
Pesawat dengan APU juga dapat
menggunakan power listrik dan pneumatic dari peralatan darat ketika APU
rusak atau tidak dapat digunakan.
APU dipasang pada pesawat
extended-range twin-engine operations (ETOPS) yang merupakan alat
pengaman saat kondisi kritis, karena APU menyediakan listrik cadangan
dan tekanan udara pada engine yang mati atau generator utama rusak.
Sementara beberapaAPU mungkin tidak startable dalam penerbangan,
APUETOPS-compliant harus flight-startable pada ketinggian sampai
keservice ceiling. Aplikasiterbaru telah ditentukan mulai sampai
denganketinggian43.000kaki (13.000 m) dari kondisi
cold-soaklengkapseperti Hamilton Sundstrand APS5000 untuk Boeing 787
Dreamliner.JikaAPU atau generator listrik tidak tersedia, pesawat tidak
diperbolehkanuntuk penerbanganETOPS dan diharuskanuntuk mengambilrute
non-ETOPS.
APU menghasilkan listrik 400 Hz
lebih kecil dan lebih terang daripada 50/60 Hz counterpart, akan tetapi
harganya lebih mahal; kelamahannya adalah sistem, frekuensi tinggi
menyebabkan tegangan menurun.
Sejarah
Engine 2-tak Riedel digunakan sebagai
contoh pioneer APU, untuk menyalakan shaft tengah jet engine pesawat
Junker Jumo 004 pada Perang Dunia II.
Intake diverter pada engine Jumo 004 yang berada di APU Riedel, lengkap dengan D-shaped pull handle pada center diverter.
Semasa PD I, British Coastal class
blimp, salah satudari beberapa jenis pesawat yang dioperasikan oleh
Royal Navy, membawa auxiliary engine 1.75 HP (1.30 kW) ABC. Engine ini
didukung oleh generator untuk radio transmitter dan pada kondisi darurat
dapat digunakan tenaga air blower tambahan (terus menyuplai tekanan
udara yang dibutuhkan untuk menjaga airships’ Ballonet tetap mengembung,
dan menjaga struktur gasbag). Pada penerbangan normal, hal ini
diperoleh dari slipstream propeller melalui air scoop.
Salah satu Negara yang pertama
kali menggunakan APU pada pesawat militer adalah Inggris, pada PD 1,
yaitu Supermarine Nighthawk, anti-Zeppelin fighter. Menggunakan engine
ABC kecil, yang dihasilkan dari generator untuk sorot on-board.
Pesawat militer Amerika pertama
kali menggunakan APU adalah USAF Douglas Globemaster II. Boeing 727 pada
tahun 1963 merupakan pesawat jet komersil yang pertama kali memiliki
fitur APU gas turbin, yang memungkinkan untuk beroperasi pada bandara
kecil. Independen dari fasilitas darat. APU dapat dilihat pada banyak
modem airline melalui pipa exhaust di ekor pesawat.
Bagian-bagian APU
Tipe gas turbin APU untuk pesawat komersil terdiri dari tiga bagian utama yaitu :
Power Section
Power section merupakan bagian generator gas engine dan menghasilkan semua power shaft APU.
Load Compressor Section
Load compressor pada umumnya
berupa shaft-mounted compressor yang menghasilkan tenaga pneumatic
pesawat, sedangkan beberapa beberapa extract bleed air APU dihasilkan
melalui compressor power section. Ada dua alat penggerak, yaitu Inlet
guide vanes yang mengatur aliran udara yang mengalir ke load compressor
dan surge control valve yang menstabilkan operasi mesin turbo.
Gearbox section
Gearbox mentransfer tenaga dari
shaft utama engine ke generator oil-cooled untuk tenaga listrik. Melalui
Gearbox, power juga ditransfer ke aksesoris engine seperti fuel control
unit, modul pelumasan, dan fan pendingin. Selain itu, ada juga starter
motor yang terhubung melalui gear train untuk melakukan fungsi awal dari
APU.Beberapa desain APU menggunakan kombinasi starter/generator untuk
menyalakan APU dan pembangkit tenaga listrik untuk mengurangi
kompleksitas.
Pada pesawat Boeing 787 yang
membutuhkan suplai listrik yang besar, APU hanya berfungsi memberikan
listrik ke pesawat. Tidak adanya sistem pneumatik menyederhanakan
desain, namun besarnya kebutuhan listrik memerlukan generator yang
besar.
Manufaktur
Ada dua perusahaan besar bersaing
di pasar APU pesawat yaitu United Technologies Corporation (melalui anak
perusahaannya Pratt & Whitney Canada, Hamilton Sundstrand dan
Goodrich Corporation), dan yang kedua adalah Honeywell International
Inc.
Pesawat Militer
Pesawat militer bertipe kecil,
seperti tipe fighter dan tipe attack, memiliki fitur sistem auxiliary
power yang berbeda dengan yang digunakan oleh pesawat komersil. Fungsi
engine starting dan penyediaan listrik serta tenaga hidrolik dibagi
menjadi dua unit yaitu, jet fuel starter dan emergency power unit.
Jet Fuel Starter
Jet Fuel Starter (JFS) merupakan
engine turboshaft kecil yang dirancang untuk mendorong jet engine dan
mempercepat RPM. Menyuplai bleed air ke starter motor APU. Output shaft
JFS terhubung secara mekanik ke engine. Setelah itu JFS mulai bergerak,
engine bergerak; tidak seperti APU, starter tidak dirancang untuk
menghasilkan listirk ketika engine mati.
JFS menggunakan free power turbin,
metode penghubungnya ke engine tergantung pada rancangan pesawat. Pada
pesawat single-engine seperti A-7Corsair II dan F-16 Fighting Falcon,
JFS power section selalu terhubung ke engine utama melalui aksesori
gearbox engine. Berbeda dengan pesawat twin-engine F-15 Eagle yang
terdiri dari JFS tunggal, dan JFS power section terhubung melalui
central gearbox yang dapat digabungkan ke satu engine.
Emergency Power Unit
Emergency Hydraulic dan Electric
power dihasilkan oleh tipe gas turbine engine yang berbeda. Tidak
seperti gas turbin pada umumnya, emergency power unit tidak memiliki gas
compressor atau ignitor, dan menggunakan kombinasi hydrazine dan air,
daripada jet fuel. Saat hydrazine dan air bercampur dilepaskan dan
melewati seluruh katalis iridium, secara spontan menyatu, menghasilkan
gas panas yang mendorong turbin. Power dihasilkan diteruskan melalui
gearbox dan selanjutnya menggerakkan generator listrik dan pompa
hidrolik. Hydrazine mengandung seal, nitrogen charged accumulator. Pada
saat sistem telah siap, hydrazine dilepaskan kapanpun engine-driven
generator offline, atau apabila seluruh engine-driven pompa hidrolik
rusak.
DOWNLOAD
DOWNLOAD PDF >>
DOWNLOAD
DOWNLOAD PDF >>
Komentar
Posting Komentar